Senin, 04 Januari 2016

2016: Ilmu dan Amal

Saya awali dengan tebak-tebakan ya.., tebak-tebakan gampang seperti pada umum-nya. dahulu mana?apakah ilmu dahulu baru amal, atau amal dahulu baru ilmu?.
pertama, menurut hadis tarbawi..ya harus ilmu dahulu, baru amal..karena melakukan sesuatu haruslah punya ilmunya, ini adalah pernyataan dan pengalaman paling selamat...kita ambil contoh dari hikayat adam dan hawa. kesalahan keduanya yang telah makan buah khuldi, dihukumi sebagai perbuatan yang dilakukan tanpa dilandasi ilmu. akibatnya terjadi hukuman pengusiran, hukuman atas kesalahan ketidak tahu-an. maka tepatlah jika melakukan sesuatu itu haruslah dengan pengertian ilmunya terlebih dahulu.
kedua, sebaliknya, banyaknya ajaran, banyaknya ajakan yang menggunakan model-metode tauladan. apakah semua ini menerapkan ilmu dulu...saya lebih yakin perbuatan dahulu daripada ilmu...baru penjelasan dan pembetulan yang dilakukan oleh sang guru, ini yang merupakan ilmu....e.e.e.eh...kok agak buram antara ilmu dan kebenaran....tidak! pokoknya perbuatan di paragrap dua ini akan menginspirasi ilmu bukan ilmu yang menjelaskan perbuatan
ketiga, akan saya bahas dan cari dari para filosof.....slm

Labels