Minggu, 13 Maret 2016

PEUGEOT 306, mobil cu....

Sangat mendambakan punya mobil, akhirnya terkabul. Saat itu bulan agustus tahun 2015. mantan juraganku menawari untuk memakai mobilnya dengan mencicil per bulan 1 juta, kisaran angka yang perkiraan mampu kubayar. dan aku langsung bisa memiliki mobil, bekas, eropa punya, peugeot 306 tahun 2000, keren!.
Mobil itu tampaknya lama tak dipakai, banyak debu, dan tentu kotor bau lama tak dipakai. begitu di starter.langsung ketahuan bahwa accui tekor, hanrus pinjam bantuan accu ke bengkel sebelah. alhasil, ak harus beli accu baru satu juta duaratus limapuluh untuk menjalankan ni mobil.
Berlanjut pada Desember 2015, mobil kebanggaan ini tiba2 tidak mau distarter, sebenarnya sih sudah 2 kali macet gak mau distarter. tapi pada waktu macet yang pertama

masih diberi kesempatan hidup lagi dan tidak segera kuperiksakan ke bengkel, sambil berdoa semoga sehat terus. malas gak punya uang cin. lanjut. setelah macet gak mau distarter, langsung minta derek bengkel dan diberitahu bahwa dinamo starter nya rusak. Aku diminta cari ganti baru. seharga satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah. ancrit banyak banget. tapi karena di tulungagung harus inden spare-part nya di kabupaten sebelah, kediri. makanya disela-sela masa tunggu, aku mecoba menservice dinamo ke tukang dinamo, begitu dipintu kios, bapak heri, si tukang dinamo langsung berkata, "itu dinamo peugeot". hatiku berbunga-bunga karena dia tahu yang kumau. "besok jadi" walaupun magnetnya pecah2 kecil2 sanggup dilem dan diselesaikan oleh pak hari hanya dua hari. berapa ongkosnya. 75 ribu beres. akhirnya mobil gue bisa jalan lagi pake dinamo original dan cadangan dinamo starter baru yang keburu dibeli kusimpan rapi dengan bungkus plastiknya.
Maret 2016- ada aja yang bikin mogok ni mobil. pertama, kali ini ketemu sebabnya setelah seminggu di bengkel khusus mobil eropa di kabupaten tulungagung, Mr.sumo/H. harun. dan tepat ahri ini aku akan ambil orderdil pompa bensin ini ke kediri dan siap-siap 2300 ribu utuk kw 2nya wkwkwkwk. seru ni mobil. oya untuk tanda-tanda pug mbrebet-brebet, gak punya tenaga, lkadang gas hilang waktu berkendara. dan menuju berhenti mogok. jadi pesan ane kalau ente punya mobil second, mobil eropa yang katanya sulit onderdil. di iondonesia mah semua ada. jadi hanya butuh sabar dan jangan tergesa, lebih baik tanya-tanya kanan-kiri baru bertindak.ini hanya meminta sedikit waktu luang anda. 
Belum berhenti kisah ini sampai disi, ternyata dua hari yang lalu mobil sudah bisa jalan cuma gak bisa idle....jarum rpm berada di kisaran 1500 sanpai 2500, terlalu tinggi dari normalnya 750-800. Nah menurut si bengkel itu karena komponen pompa bensin baru jadi idle regulator/IR nya gk stabil.akhirnya jadi deh inden lagi...gak tu besok senin tanggal 27 nyampe gak part nya...dan harganya dapet berapa akan gue inpohkan. slm
Dan hari ini senin di SM mobil service...bengkel spesialis mobil eropa tertua di kota Tulungagung menunjukkan padaku kehebatannya..pesan part mobil langsung lewat bengkel lebih cepat dan kena harga yang termurah, dengan bandingan referensi Google loh ya... Semua yang gue browsing saat ini menyediakan harga idle regulator 800 sd. 1600...pokonya ternyata harganya gua kena 875. Dan ongkos pasang ganti plus service stel2 bersihkan saluran busi bersihkan saluran udara sebesar, semua 200 rb...tak semahal mitos bahwa tarif bengkel sumo tulungagung mahal banged. Saya kira hanya selisih 50 ribu untuk pekerjaan yang sama untuk bengkel umum, 150 rb. Dan penanganan yang dilakukan menurutku sangat memuaska dan sempurna. Akhirnya aku harus besar berterimakasih sebai penutup tulisan ini kepada H.Sumo atas keringannya menjawab semua pertanyaan ngawur dan coba2 saya sebagai pemilik pemula mobil eropa bekas. Slm2

Labels

Asal (23) Perbuatan (22) Sikap (22) Suasana (18) Pertanyaan (15) Dream (10) Perjalanan (10) Tinggal Menerima (6) Main-main (4)