Jumat, 04 Januari 2013

goda

bukan setan yang terus menggoda kita, tapi kita-kita yang selalu menggoda setan. terlena dan pembiaran atas cara-cara setan menutup pintu-pintu iman kita, mulai masih merekatnya penyakit merasa paling pintar, paling benar, paling bermanfaat.  suka membicarakan orang lain, menceritakan kekurangan orang lain, dan berikutnya suka berbohong.  semua ini yang menjadikan pintu2 keimanan ditutup.
bukti keimanan adalah ibadah, semua ibadah punya batas...puasa wajib hanya dalam bulan ramadhan...sholat ada waktunya...zakat...haji telah ditentukan waktunya...ibadah ada batasannya. pun demikian dengan "dzikir".   
Sifat yang dikehendaki dari amal ibadah adalah 'sholih'.  Amal dihitung bukan dari banyak tidaknya, tapi 'solih' tidaknya, berguna tidaknya, sesuai tidaknya, baik tidaknya amal itu.   sedangkan sifat yang dikehendaki pada dzikir adalah "katsiron", banyak tidaknya, dan anjuran dzikir adalah sebanyak2 nya...tanpa batas...baik pagi maupun sore...tentunya ada aturan dan kita mengharapkan dzikir yang benar2 sampai kepada ridho...walllahua'lam.

Labels